Sain pada Nafas, Prana dan 5 Elemen di Swara Yoga


Sifat-sifat dari 5 Elemen

1. Elemen Bumi.

Unsur Tanah terletak di Muladhara (plexis panggul) dan sedang terhubung dengan saluran pusat atau Sushumna di titik asalnya. Warna elemen ini kuning dan bentuknya persegi.  Bau adalah indra utamanya. Organ indera yang terkait dengan unsur tanah adalah hidung, dan organ kerja adalah anus. Rasa elemen Bumi itu manis.

Elemen ini paling cocok untuk aktivitas stasioner yang membutuhkan ketekunan. Pekerjaan yang dilakukan di hadapan elemen ini membawa siddhi atau kekuatan.

Unsur Bumi terbentang dari Timur ke Barat dan bermanfaat pada siang hari, untuk pelestarian kehidupan, untuk menghasilkan uang, pertanian, kemenangan dan keuntungan, dan untuk menikmati kebersamaan dengan orang lain.

Matahari mendominasi saat elemen Bumi hadir di lubang hidung kanan. Pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan (pohon, tumbuhan, dll.) Menjadi mudah untuk dipahami dengan adanya elemen ini.

Tulang, daging, kulit, nadi, dan rambut tubuh termasuk dalam elemen Bumi dan pertumbuhannya diperkuat oleh dominasi elemen ini dalam nafas. Setiap elemen terkait dengan frekuensi suara tertentu yang disebut suara benih atau mantra bija.

Suara benih elemen Bumi adalah LANG. Penyakit, seperti penyakit kuning, dan penyakit mental, seperti fobia, dihasilkan oleh gangguan elemen Bumi di dalam tubuh.

2. Elemen Air

Elemen Air terletak di Swadhishthana (pleksus hipogastrik). Warna elemen ini putih dan bentuknya seperti bulan sabit atau setengah bulan. Rasa adalah indra utamanya. Organ inderanya adalah lidah dan organ kerjanya adalah alat kelamin. Rasanya asin.

Elemen Air paling cocok untuk gerakan dan aktivitas. Penyembahan di hadapan elemen ini, seperti halnya elemen Bumi, membawa kekuatan. Keberadaan unsur Air menguntungkan pada malam hari dan arahnya Barat. Bulan mendominasi saat elemen ini hadir dalam nafas lubang hidung kiri.

Pengetahuan tentang pekerjaan yang menguntungkan menjadi mudah dipahami. Air mani, darah, lemak, urin, lendir, air liur, dan cairan limfatik termasuk dalam air elemen.  Suara benih elemen ini adalah VANG. Gangguan emosi berkaitan dengan gangguan pada unsur air dalam tubuh.

3. Elemen Api

Unsur Api terletak di Manipura (epigastric plexus; solar plexus). Warna elemen ini merah dan bentuknya segitiga. Penglihatan adalah indra utama dari elemen ini. Mata adalah organ indera dan kaki dan tungkai adalah organ kerja. Rasanya pahit.

Elemen Api paling cocok untuk memperoleh pengetahuan tentang mentalitas dan melakukan tindakan ‘pembakaran’. Ini menghasilkan lebih banyak energi saat napas mengalir melalui lubang hidung kanan; itu membawa kesuksesan dalam semua pekerjaan baik dan buruk.

Mars mendominasi keberadaan elemen Api saat napas mengalir melalui lubang hidung kanan. Arah yang terhubung dengan elemen ini adalah Selatan. Lapar, haus, tidur, lesu, dan pancaran cahaya (ojas) berhubungan dengan elemen Api.

Suara benih elemen ini adalah RANG. Gangguan seperti amarah, sakit perut, dan bengkak pada tubuh disebabkan oleh gangguan pada elemen Api.  Kehadiran unsur ini memudahkan proses kebangkitan Kundalini. Meditasi pada unsur ini memberikan nafsu makan yang luar biasa, toleransi terhadap sinar matahari atau api, serta menghilangkan gangguan pencernaan dan gangguan lambung lainnya.

4. Elemen Udara

Unsur Udara terletak di Anahata (pleksus jantung; jantung). Warna elemen ini hijau berasap dan bentuknya seperti yang terlihat pada cermin atau kaca berbentuk oval. Sentuhan adalah perasaan utama dari elemen ini. Kulit adalah organ indera dan tangan merupakan organ kerja. Rasanya asam. Kehadirannya menghasilkan kegelisahan.

Kegiatan yang membutuhkan gerakan dapat berhasil dilakukan dengan adanya unsur Udara. Rahu (simpul utara Bulan atau Kepala Naga) mendominasi ketika elemen Udara hadir dan dominan di lubang hidung kanan. Arah yang terhubung dengan elemen udara adalah Utara.

Suara benih adalah YANG. Gangguan yang disebabkan oleh kejengkelan humor Udara termasuk kekeringan pada kulit, penyakit kulit, dan penyakit sistem saraf. Penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stres, kesepian, pesimisme, dan depresi juga disebabkan oleh gangguan angin.

5. Eleme Akasha (Eter)

Unsur Akasha terletak di Vishuddha (pleksus karotis; tenggorokan). Warna elemen ini adalah asap biru keunguan dan bentuknya seperti yang terlihat pada cermin atau pecahan kaca, lonjong. Mendengar adalah indera yang dominan. Telinga adalah organ indera dan mulut (pita suara) adalah organ kerja dari elemen ini. Pahit rasanya.

Unsur Akasha tidak cocok untuk kegiatan duniawi karena merusak segala sesuatu yang dilakukan dominasinya. Kitab suci mengatakan bahwa elemen Akasha membuat segala sesuatu menjadi tidak beres, ini memberikan hasil yang tidak menguntungkan, menyebabkan kerugian dan kematian. Bagaimanapun yoga sadhana (latihan yoga dan meditasi) dapat dilakukan dengan kehadirannya.

Suara benih Akasha adalah HANG. Elemen ini terletak di tengah segala arah. Cinta, permusuhan, rasa malu, ketakutan, dan keterikatan adalah lima kualitas Akasha.

Jupiter mendominasi ketika elemen dominan di lubang hidung kiri. Meditasi pada Akasha dengan pengulangan mantra bija membawa pengetahuan masa lalu, masa kini, dan masa depan dan menganugerahkan delapan siddhi terkenal: Anima,  Laghima,Mahima, Ishvata, Vasitva, Prakam, Bhukti dan Prapti.

Buku Amrita Kundalini
Meditasi dan Yoga

Amrita Kundalini

Detail Buku

Berbagi adalah wujud Karma positif