Penerapan Kekuatan Bija Mantra Shakti dalam Yoga


Selain kekuatan mantra dari huruf-huruf abjad Sansekerta, ada serangkaian bija mantra atau suku kata tunggal yang kuat, yang terdiri dari beberapa vokal atau konsonan. Ini diistilahkan ‘mantra Shakti‘, seperti yang biasa digunakan dalam pemujaan Shakti, memproyeksikan berbagai jenis energi kosmik.

Dikatakan ada delapan total bija mantra utama tersebut, dengan Aim, Hrim, Klim, Krim, Shrim, Trim, dan Strim, seperti yang disebutkan dalam Mantra Yoga Samhita.

Mantra Shakti mungkin yang paling penting dari semua mantra, baik untuk meditasi, pemujaan dewa, untuk energi prana atau untuk tujuan penyembuhan. Mereka membawa kekuatan besar Alam seperti energi Matahari dan Bulan, Api dan Air, listrik dan magnet, tidak hanya sebagai faktor luar tetapi sebagai potensi batin Cahaya Ilahi. Mereka memproyeksikan berbagai aspek kekuatan dan pancaran untuk tubuh, pikiran dan kesadaran. Mereka memegang, beresonansi, dan mendorong kekuatan Kundalini dengan cara yang spesifik dan transformatif. 

Di bawah ini adalah Bija Mantra dari masing-masing energi utama Shakti.

Untuk menampilkan bagian ini, silahkan

Login

Mantra Shakti berhubungan dengan bentuk utama Dewi atau Ibu Ilahi dan biasanya digunakan dalam pemujaannya. Ada mantra Shakti khusus untuk masing-masing Dewi agung, yang melaluinya kita dapat berkomunikasi dengan mereka dan mendapatkan rahmat mereka. Mantra Shakti adalah mantra utama yang digunakan dalam Yoga Tantra, di mana mantra tersebut digabungkan dalam berbagai cara untuk menghasilkan hasil yang berbeda. Mereka memiliki kapasitas besar untuk transformasi yang dapat meluas ke lapisan terdalam dari kesadaran dan prana kita. Mereka harus didekati dengan konsentrasi yang dalam, rasa hormat dan rasa hormat sebagai darah kehidupan Dewi.

Kebanyakan Mantra Shakti mengandung vowel – Ã, getaran suara-ee, yang merupakan suara primal utama Shakti. Sebagian besar mengandung konsonan – R , yang merupakan benih api, surga, cahaya, keteraturan dan dharma dan memiliki efek merangsang dan memberi energi. Beberapa mengandung konsonan – L, yang merupakan benih tanah, air, kegembiraan dan kebahagiaan dan memiliki efek menenangkan dan menstabilkan. Banyak yang mulai dengan huruf – H, yang menunjukkan prana, cahaya dan Matahari, atau huruf S atau Sh, yang menunjukkan Bulan, pikiran dan air.

Penerapan Mantra Shakti

Mantra Shakti dapat digunakan untuk menciptakan, mempertahankan atau melarutkan berbagai bentuk, pola dan kekuatan dalam diri kita. Mereka memiliki afinitas tertentu dengan lokasi tertentu dalam tubuh atau dengan chakra tertentu – seperti Hrim  dan jantung – tetapi juga memiliki efek yang lebih luas untuk mempromosikan jenis kekuatan tertentu, seperti Hrãe sebagai energi matahari yang dapat diterapkan pada berbagai tingkatan.  

Penerapan mantra Shakti, seperti mantra lainnya, tergantung pada tujuan hidup yang kita gunakan untuknya (dharma, artha, kama, moksha), ‘guna’ mana yang kita berikan energinya (sattva, rajas, tamas), atau penerapannya melalui Yoga, Ayurveda, astrologi Veda atau Vastu. Dengan cara ini, mantra Shakti yang sama dapat digunakan dalam banyak aplikasi yang berbeda. Namun pada tingkat terdalam, mantra Shakti dimaksudkan untuk membangkitkan dan mendukung Yoga Shakti atau kekuatan batin Yoga dalam diri.  

Misalnya, mantra Shrim di tingkat luar menghubungkan kita dengan kelimpahan dharma dan artha, karir dan keuntungan finansial, dan pemenuhan kama atau keinginan. Untuk latihan Yoga, itu memberikan pengabdian kepada guru dan dewa. Dalam Ayurveda, itu mempromosikan penyembuhan, pertumbuhan, dan nutrisi. Dalam astrologi Veda, itu adalah mantra Bulan dan dapat digunakan untuk memperkuat Venus dan Jupiter yang bermanfaat juga. Di Vastu, itu mempromosikan kesejahteraan, kemakmuran dan kebahagiaan di tempat tinggal.  

Digunakan dengan niat sattvic, Shrim  memiliki kekuatan yang menyehatkan dan menyelaraskan; dengan niat rajasic, ia memiliki kekuatan untuk mempromosikan perkembangan dan pencapaian luar; dan dengan niat tamasic, ia dapat memperoleh kapasitas yang merusak atau menghancurkan. Pada tingkat luar Lakshmi (Dewi Kemakmuran), rãe dapat memberi kita kelimpahan dunia material; sementara pada tingkat Lakshmi batin, itu dapat memberi kita kelimpahan kehidupan spiritual, yang merupakan pengabdian, kebahagiaan, dan keindahan persepsi.

Berbagi adalah wujud Karma positif