Sain pada Nafas, Prana dan 5 Elemen di Swara Yoga


Sekarang hanya properti sentuhan dan suara yang tersisa. Soliditas, likuiditas, dan bentuk semuanya menghilang. Ini disebut elemen Udara. Ini adalah penggerak utama. Akhirnya, ketika materi telah kehilangan semua kualitas sentuhannya, ia mencapai lapisan getaran yang paling halus. Suara adalah karakteristik yang tetap dalam bentuk frekuensi. Energi ini, di mana materi berada dalam bentuk eteriknya, dikenal sebagai unsur Akasha. Dalam evolusi bidang material, yang termasuk dalam prinsip inersia primer, energi ada sebagai frekuensi dan perlahan-lahan terwujud sebagai Udara, Api, Air, dan akhirnya, Bumi. Bumi adalah bentuk energi yang paling padat dan paling kohesif. Atom sangat padat dan terstruktur dengan sedikit kebebasan.

Di Air mereka kurang rapat dan atom lebih tersebar, memungkinkan rentang frekuensi yang lebih tinggi. Dalam Api masalahnya masih kurang kohesif, dan di Udara semua kemiripan dan keterpaduan lenyap. Di Akasha, partikel individu tidak ada, hanya getaran yang berada di luar bidang material yang ada.

Sejauh ini kita hanya membahas bidang material, tetapi seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, dalam evolusi, ketiga bidang tersebut beroperasi secara bersamaan. Medan material diserap oleh medan tenaga, yang diciptakan oleh prinsip energi primer, prana atau gaya hidup. Energi prana ini bekerja di bidang material dan mental. Daya hidup atau daya prana mengubah materi anorganik menjadi materi hidup. Kekuatan hidup ini, yang menghasilkan medan kekuatan, dengan sendirinya diliputi oleh medan kesadaran-mental.

Yang terakhir ini dihasilkan oleh prinsip hidup primer dan memberikan kekuatan sadar yang memilih bahan yang sesuai untuk menciptakan organisme yang cocok untuk manifestasinya.

Transformasi ini disebabkan oleh proses yang rumit dan zat material sederhana menjadi organisme yang sangat kompleks. Di setiap organisme hidup, tiga bidang ini ada:

  1. Bidang material, sebagai badan fisik;
  2. Medan tenaga, sebagai tenaga hidup atau prana; dan
  3. Bidang kesadaran mental, sebagai kesadaran individu.

Ketiga bidang ini terjalin dan semuanya ada di tiga tingkat ini pada saat yang bersamaan. Misalnya, pasangan material untuk setiap keinginan dan perasaan hadir dalam kimiawi tubuh. Kecuali seseorang memahami ini, sulit untuk mengatasi suasana hati dan siklus tinggi dan rendah, ini hanyalah perubahan kimia yang terkait dengan unsur-unsur. Ilmuwan saat ini telah mengumpulkan data untuk memverifikasi pengaruh Matahari dan Bulan pada suasana hati kita.

Paul Mirabile dari Institute of Living di Hartford, Connecticut, menggunakan database terkomputerisasi dari empat ribu pasien psikiatri untuk mengkonfirmasi keyakinan kuno ini. Rekan fisik Matahari dan Bulan adalah lubang hidung kanan dan kiri, yang beroperasi melalui aksi nadi Pingala dan Ida. Interaksi mereka di kedua sisi tulang belakang memengaruhi chakra, pusat psikis yang secara langsung terhubung dengan lima elemen kasar.

Jadi kita melihat bahwa elemen memainkan peran penting dalam perilaku kita. Pusat khusus dalam fungsi tubuh halus sebagai tempat duduk untuk elemen-elemen ini.

Sistem Tantra, yang memiliki tujuh pusat halus atau cakra, dengan jelas mengakui lima pusat bawah sebagai tempat dari lima elemen, yaitu,

  1. Pleksus panggul — tempat duduk elemen Bumi;
  2. Pleksus hipogastrik — tempat duduk dari elemen Air;
  3. Pleksus epigastrik — tempat duduk elemen Api;
  4. Pleksus jantung — tempat duduk elemen Udara; dan
  5. Pleksus karotis — tempat duduk elemen Akasha.

Pusat-pusat ini terhubung dengan lima organ indera dan lima organ kerja melalui jaringan saraf simpatis dan parasimpatis dan nadi halus. Dengan operasi gaya prana, pusat-pusat ini diaktifkan dalam urutan ritme yang alami. Kelima elemen menghasilkan frekuensinya masing-masing, mengaktifkan organ-organ indera dan organ-organ kerja yang terkait dengannya dan dengan demikian mempengaruhi organisme. Dengan mengetahui urutan ritme di mana pusat-pusat ini diaktifkan dan dampak fisiologis yang dimilikinya, kita dapat mengetahui rahasia dari perasaan dan emosi kita, dan dari siklus tinggi dan rendah kita.

Berbagi adalah wujud Karma positif