Sain pada Nafas, Prana dan 5 Elemen di Swara Yoga


Menyembuhkan Diri Sendiri

Swara Yoga memperkenalkan teknologi yang membuat setiap praktisi dapat melepaskan diri dari keadaan emosi yang tidak diinginkan. Dengan cara Swara Yoga bisa sangat membantu dalam penyembuhan diri sendiri. Dengan Swara Yoga, seseorang tidak hanya dapat membantu keadaan emosionalnya sendiri dan menyembuhkan tubuh fisik, tetapi dapat menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk kehidupannya dengan mengubah lingkungan dan meningkatkan kondisi kehidupannya. Selain itu, seseorang dapat meramalkan kematian, menentukan jenis kelamin anak yang belum dikandung, dan menyembuhkan orang lain di sekitar kita.

Suasana hati kita terkadang membuat gangguan elektrokimia dalam tubuh. Ketika kita tetap dalam satu keadaan pikiran untuk waktu yang lama, siklus ritme alami dari unsur-unsur itu terganggu. Karena unsur-unsur membentuk realitas fisik dari respons psikologis kita, satu lingkungan kimiawi tertentu dapat mendominasi di dalam tubuh kita.

Dengan pengetahuan dan praktek Swara Yoga, kita dapat mengembangkan kebiasaan untuk mengawasi diri sendiri dan operasi lubang hidung. Kita dapat melihat ketika satu lubang hidung dominan lebih lama dari durasi siklus normalnya dan mengubahnya. Dengan mengganti lubang hidung yang beroperasi, kita mengubah sisi aktif tubuh, sekresi kelenjar, dan mengembalikan keseimbangan kimiawi. Swara Yoga menyarankan untuk mengganti lubang hidung yang beroperasi pada tanda pertama gangguan fisik atau mental. Ini mencegah memburuknya gejala dan mempercepat pemulihan.

Jika seseorang tidak sepenuhnya waspada pada saat dia menerima sinyal pertama dari dalam tubuh, lubang hidung yang beroperasi harus diganti segera setelah dia mengingat atau merasakan keadaan yang tidak diinginkan. Kadang-kadang penyakit timbul karena suhu dingin atau panas yang ekstrim, infeksi, dan virus. Kondisi ini juga bisa disembuhkan dengan mengganti lubang hidung.

Demam: 

Ketika suhu tubuh meningkat, seseorang harus menyumbat lubang hidung yang beroperasi dengan bola kapas dan tetap terpasang sampai tubuh kembali normal. Biasanya lubang hidung kanan menjadi dominan pada demam, tetapi pada demam yang disebabkan oleh masuk angin bisa sebaliknya. Jadi seseorang harus mengikuti aturan menancapkan lubang hidung yang beroperasi.

Gangguan Pencernaan:

Gangguan pencernaan kronis dapat disembuhkan dengan menumbuhkan kebiasaan makan hanya saat lubang hidung kanan berfungsi dan dengan meminum air hangat saat gangguan pencernaan dirasakan. Minum air hangat hanya saat lubang hidung kiri berfungsi membantu dan menyembuhkan gangguan pencernaan; menambahkan jus satu buah lemon memberikan manfaat tambahan. Para pasien dengan gangguan pencernaan kronis harus mengembangkan kebiasaan berbaring miring ke kiri lima belas hingga dua puluh menit sebelum makan, dan untuk periode waktu yang sama setelah makan. Mengambil setengah sendok teh biji oregano, dengan sedikit garam dalam air hangat, menyembuhkan gangguan pencernaan yang tidak kronis. Berbaring miring ke kiri sebelum makan selama lima belas hingga dua puluh menit adalah sehat bagi semua manusia. Latihan ini harus diikuti dengan jalan kaki yang menyenangkan dan santai. Aturan untuk pencernaan yang baik adalah sebagai berikut:

  • Setelah makan, berbaring telentang dan bernapas delapan putaran (satu tarik napas dan satu napas per putaran), lalu;
  • Ganti ke sisi kanan dan hirup enam belas putaran melalui lubang hidung kiri;
  • Ganti ke sisi kiri dan hirup tiga puluh dua putaran melalui lubang hidung kanan.

Kemudian, jika anda bisa rileks lebih lama, tetaplah di sisi kiri dan lanjutkan bernapas dari lubang hidung kanan. Dengarkan musik yang menyenangkan dan membangkitkan semangat. Musik yang menciptakan suasana hati atau keadaan meditatif setelah makan akan mengganggu kimiawi tubuh dan membuat gangguan pencernaan. Mereka yang mampu duduk dalam postur Asana harus melakukannya.

Jika seseorang sudah buang air besar tetapi belum makan apa-apa, latihan ini dapat dilakukan kapan saja. Dalam postur ini, seseorang dapat menatap pusar dengan mantap selama sekitar 10-15 menit. Praktik ini tidak boleh dilakukan kecuali seseorang telah buang air besar.

Meditasi di pusar dengan pengulangan diam-diam dari bija mantra chakra ManipuraRANG. Ini juga merupakan bija dari elemen Api, dan pengulangannya akan meningkatkan api pencernaan dan membantu menyembuhkan semua penyakit perut. Dengan mengembangkan kebiasaan buang air besar sebelum matahari terbit dan hanya jika lubang hidung kanan berfungsi, seseorang dapat menyembuhkan berbagai masalah fisik dan mental yang disebabkan oleh racun di usus.

Sembelit

Makan dan buang air besar hanya ketika lubang hidung kanan terbuka, dan berbaring miring ke kiri sebelum dan sesudah makan, membantu sembelit. Seseorang juga harus minum cairan dalam jumlah sedang saat lubang hidung kiri berfungsi.

Latihan pranayama dan berjalan di pagi hari atau setelah makan malam juga membantu. Hindari kopi atau teh setelah makan; minum jus prune dan air hangat; gunakan bibit gandum dalam sereal; makan sayuran berdaun hijau, labu, zucchini, dan bubuk kelapa. Susu yang dipanaskan dan dimaniskan dengan kurma yang diminum sebelum tidur juga bagus. Makan buah ara dengan sarapan dan plum setelah makan juga memberikan bantuan tambahan. Mendengarkan suara drum dapat membantu dalam penyembuhan konstipasi.

Stress

Stres yang ditimbulkan oleh kerja keras dan kerja fisik dapat disembuhkan dengan berbaring di atas sisi kanan dan bernapas melalui lubang hidung kiri selama dua puluh lima hingga tiga puluh menit. Mendengarkan musik yang menciptakan suasana hati yang meditatif juga dapat meredakan stres. Harpa, kecapi, dan alat musik dawai lainnya sangat efektif.

Pijat kaki yang lembut dan menyisir rambut dengan jari atau sisir kayu dapat meredakan nyeri. Sebelum berbaring miring ke kanan, kaki, tangan, dan wajah harus dicuci dan mulut dibilas.

Dinginkan mata dengan air yang cukup dingin setelah berkumur untuk memberikan rasa segar dan membantu proses penyembuhan. Untuk menghilangkan stres yang disebabkan oleh aktivitas fisik, seseorang harus minum segelas susu hangat yang dimaniskan dengan kurma setelah bersantai di sisi kanan selama 25-30 menit; sejumput kunyit ditambahkan ke susu untuk minum.

Nyeri sendi

Untuk nyeri berulang pada persendian, mengganti lubang hidung selalu membantu. Perawatan berikut juga diresepkan. Berbaring telentang selama 5 menit setelah pagi hari buang air besar, lalu ganti ke sisi kanan dan bernapas melalui lubang hidung kiri selama 15-20 menit. Ikuti rutinitas ini selama dua minggu. Pijat di area yang nyeri dengan Minyak Mahanarayana dan minuman teh  juga membantu.

Sakit leher

Pertama-tama ganti lubang hidung yang beroperasi. Kemudian pegang bahu dengan kedua tangan dan gerakkan ke arah melingkar, seolah-olah anda sedang mendayung perahu. Saat nyeri di leher berulang: 1. Oleskan panas kering ke area leher 2. Pijat dengan minyak pijat yang menenangkan 3. Berbaring dengan Postur Mayat saat lubang hidung kiri beroperasi.

Sakit punggung

Setelah mengganti lubang hidung, seseorang harus mengikuti prosedur berikut ini:

  1. Ambil sedikit lilin lebah, hangatkan sedikit, dan bentuk menjadi bola-bola kecil,
    tentang ukuran gabungan tiga kacang polong. Ambil bagian dalamnya dengan susu hangat yang telah direbus dengan ½ sendok teh biji fenugreek. Menelan satu  setiap hari selama empat puluh hari menyembuhkan sebagian besar sakit punggung kronis kecuali yang disebabkan oleh cedera fisik atau gangguan saraf.  Cobalah metode ini selama sepuluh hari dan perhatikan efeknya pada rasa sakit. Jika masalah hilang, pengobatan dapat dihentikan. Jika masalahnya tidak sembuh, seseorang harus melanjutkan selama sepuluh hari lagi, berhenti selama seminggu, dan amati area yang menyakitkan. Dengan cara ini seseorang dapat menentukan berapa banyak obat yang dibutuhkan. Empat puluh hari adalah jangka waktu maksimum perawatan ini harus digunakan.
  2. Seseorang harus menghindari penggunaan makanan berikut: nasi; kacang kering; yogurt; terong; kol bunga; makanan kaleng; makanan yang telah dimasak lebih dari delapan jam sebelum dimakan; gorengan; rempah-rempah panas; dan penggunaan garam yang berlebihan.
Sakit kepala

Setelah mengganti lubang hidung, seseorang harus mengikuti prosedur di bawah ini:

  1. Pasang lubang hidung operasi dengan bola kapas sampai sakit kepala hilang. Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam keadaan biasa. Ini tidak membantu bila sakit kepala datang selama periode menstruasi, atau disebabkan oleh gangguan gas tubuh.
  2. Temukan arteri karotis, yang terletak di lekukan leher di setiap sisi jakun. Tekan arteri ini dengan ibu jari.
  3. Bujuklah bersin dengan tembakau.
  4. Sambil berbaring telentang dalam pose mayat, ikat selembar kain di sekitar masing-masing otot bisep (lengan tengah atas), dan bernapas melalui lubang hidung kiri.

Teknik ini menyembuhkan sakit kepala dalam waktu sepuluh hingga lima belas menit.

Asma

Ketika gejala asma pertama kali diperhatikan, pasien harus menentukan lubang hidung operasi dan memasangnya sampai gejala hilang. Mengikuti pengobatan ini selama satu bulan pada saat gejala pertama membantu penyembuhan asma secara permanen. Meditasi pada chakra Anahata, atau pusat jantung, dengan pengulangan diam-diam dari suara bija yang terkait dengan chakra keempat — YANG.

Mimpi basah

Duduk dengan Siddhasana setelah buang air besar di pagi hari selama setengah jam setiap hari sambil berkonsentrasi pada pusar menyembuhkan mimpi basah. Praktik ini harus diikuti setiap hari selama 6 bulan. Dapat makan sereal yang dimasak dengan tepung kastanye air (halwa) untuk sarapan.

Buku Amrita Kundalini
Meditasi dan Yoga

Amrita Kundalini

Detail Buku

Berbagi adalah wujud Karma positif