18 Asana Yoga untuk Kesehatan Jantung


Yoga untuk asana jantung yang sehat adalah langkah pencegahan dan juga bermanfaat sebagai tindakan penyembuhan. Dan tanpa efek samping, kecuali perasaan kedamaian dan kesehatan yang lebih besar. Saat ini, tidak ada faktor usia yang menentukan penyakit jantung. Siapa saja berpotensi menjadi korban serangan jantung. Alasannya banyak, terutama terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat. Berkomitmen pada gaya hidup sehat adalah penting dan lebih mudah diikuti daripada yang dibayangkan kebanyakan orang. Beberapa peregangan fisik sederhana dan latihan pernapasan bisa membuat lebih baik (terutama untuk jantung).

Kombinasi Asana, teknik pernapasan, dan meditasi, memiliki efek khusus pada sistem pernapasan dan karenanya mempengaruhi jantung. Manfaatnya meliputi:

  • Darah rendah.
  • Tingkatkan kapasitas paru-paru.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Meningkatkan sirkulasi darah.
  • Efektif dalam mengatasi stres.

Ada Asana khusus dalam yoga untuk masalah jantung. 20 Asana yoga berikut dapat dipraktikkan secara berurutan. Seri yoga untuk jantung dimulai dengan asana sederhana, secara bertahap mengarah ke postur yang membutuhkan lebih banyak stamina. Prosesnya lembut dan meremajakan.


1. Tadasana
(Pose gunung)

Pose gunung membantu memperkuat kolom vertebra dan jantung. Napas dalam yang terlibat juga memperluas paru-paru.

2. Vrikshasana
(Pose pohon)

Pose yoga pohon membantu dalam mengembangkan postur yang kuat dan seimbang. Itu melebarkan bahu dan membuka hati, membuat seseorang merasa percaya diri dan bahagia.

3. Utthita Hastapadasana
( Pose tangan dan kaki diperpanjang)

Postur yoga ini membutuhkan fokus dan kekuatan untuk menyeimbangkan. Ini membantu mengendalikan berat badan, sehingga meningkatkan kesehatan jantung Anda.

4. Trikonasana
(Pose segitiga)

Trikonasana adalah postur yoga berdiri membuka, berdiri yang dirancang untuk mempromosikan latihan kardiovaskular. Dada mengembang saat bernafas menjadi dalam dan berirama. Ini juga meningkatkan stamina.

5. Veerabhadrasana
(pose Prajurit)

Pose prajurit meningkatkan keseimbangan dalam tubuh dan meningkatkan stamina. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah dan melepaskan stres. Itu menjaga detak jantung di cek.

6. Utkatasana
(Pose kursi)

Dalam postur yoga Utkatasana, Anda dapat merasakan jantung dan laju pernapasan meningkat. Postur ini meregangkan dada dan menstimulasi jantung.

7. Marjariasana
(Pose kucing)

Postur yoga ini sangat melegakan setelah berpose di kursi. Ini memungkinkan detak jantung menetap dan menjadi lembut dan berirama. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah.

8. Adho Mukho Svanasana
(Pose anjing menghadap ke bawah)

Postur yoga ini memperkuat otot-otot dada dan memperluas daerah paru-paru, meningkatkan kapasitasnya.

9. Bhujangasana
pose Cobra)

Bhujangasana meregangkan dada dan menyegarkan jantung.

10. Dhanurasana
(Pose busur)

Pose busur terbuka dan memperkuat daerah jantung. Ini merangsang dan membuat seluruh tubuh fleksibel.

11. Setu Bandhasana
ose jembatan)

Pose ini memfasilitasi pernapasan dalam. Meregangkan tulang belakang dan dada. Ini juga meningkatkan aliran darah ke daerah dada.

12. Salamba Sarvangasana
(Pose setengah bahu)

Stand ini menenangkan dan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab untuk merilekskan tubuh. Ini menciptakan ruang di dada dan bisa menjadi tenang dan meremajakan.

13. Ardha Matsyendrasana
(Duduk dengan gerakan memutar setengah tulang belakang)

Pelintiran ini bekerja pada seluruh tulang belakang dan membuka sisi dada saat dilakukan di sisi kiri dan kanan. Ini juga merangsang jantung.

14. Paschimottanasana
(Pose lengkung ke depan dua kaki)

Postur Paschimottanasana membuat kepala lebih rendah dari hati. Ini membantu dalam mengurangi denyut jantung dan pernapasan sementara memungkinkan seluruh sistem untuk rileks.

15. Dandasana
(Tongkat pose)

Pose ini memfasilitasi postur yang baik karena memperkuat punggung. Ini juga meregangkan bahu dan dada.

16. Ardha Pincha Mayurasana
(pose Dolphin)

Pose lumba-lumba sedikit lebih menuntut daripada pose anjing yang menghadap ke bawah. Ini secara signifikan meningkatkan stamina dan memperkuat tubuh bagian atas. Ini mempersiapkan Anda untuk lebih banyak postur membuka hati.

17. Salamba Bhujangasana
(pose Sphinx)

Pose sphinx memungkinkan dada terbuka. Ini adalah postur menekuk punggung ringan yang dengan lembut membuka dada dan meregangkan paru-paru dan bahu.

18. Shavasana
(pose Mayat)

Deep rest adalah pose berlawanan untuk semua postur yoga. Ini memungkinkan tubuh dan napas untuk rileks. Ini adalah penghilang stres yang luar biasa. Ini meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Buku Amrita Kundalini
Meditasi dan Yoga

Amrita Kundalini

Detail Buku

Berbagi adalah wujud Karma positif