Jenis dan Praktik Dasar Pranayama Yoga


4. Brahmari Pranayama

Brahmari adalah suara dengung lebah. Pernafasan di brahmari pranayama dilakukan dengan suara ‘hmm‘ yang diperkenalkan dari belakang tenggorokan.

Di antara berbagai teknik pernapasan dalam yoga, pernapasan bhramari adalah yang paling efektif dan instan untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan keramaian kehidupan sehari-hari. Di Bhramari Pranayama, saat mengeluarkan napas, saluran telinga ditutup dengan jari telunjuk dan suara berdengung seperti lebah dihasilkan dari belakang tenggorokan. Hal baik yang dapat di rasakan tentang pernapasan bhramari, bahkan setelah berjam-jam berlatih, dorongan kecil dari suara dengungan terus bergetar di tubuh dan pikiran saya. Itu membuat seseorang akan merasa dan beresonansi dengan keheningan batin tubuhnya dan dapat lebih mudah berkonsentrasi.

Ada beberapa variasi modern dan tradisional di mana bhramari pranayama dilakukan. Meskipun, konsep yang sangat mendasar di balik kerja pernapasan bhramari adalah bunyi berdengung, tetapi efeknya dapat ditingkatkan dengan memperkenalkan berbagai jenis mudra yoga dalam bhramari dasar.

  • Bhramari Dasar
  • Bhramari Diam
  • Bhramari dengan Shanmukhi mudra
A. Bhramari Pranayama Dasar

Temukan tempat yang nyaman dan duduklah dalam posisi meditasi.
Jika belum dapat duduk nyaman dalam posisi duduk meditasi, letakkan selimut terlipat di bawah panggul untuk membuat kemiringan alami pada sudut paha. Ini membiarkan tulang belakang mendapatkan kelurusan.

Brahmari Pranayama

Dalam bhramari dasar, hanya telinga (sebagai organ indera) yang ditutup menggunakan jari telunjuk untuk memotong dari kebisingan eksternal dan merasakan getaran internal yang jelas dihasilkan oleh suara dengungan.

  1. Persiapkan diri duduk dengan nyaman sesuai dengan langkah-langkah yang disebutkan di atas.
  2. Letakkan jari telunjuk di telinga, terutama di antara pipi dan telinga (tulang rawan). Itu tidak akan membiarkan suara eksternal masuk melalui telinga.
  3. Ambil napas dalam-dalam, sampai ke perut.
  4. Tutup mulut dengan lembut dan sedikit gigi atas-bawah yang sedikit terpisah.
  5. Sekarang mulailah bernafas bhramari, dengan napas panjang, menghasilkan getaran berdengung (O-hmmmmmm ..) dari bagian belakang tenggorokan selama merasa nyaman. Getaran ini akan menimbulkan sensasi lembut di area kepala, termasuk mulut, gigi, dan rahang.
  6. Rasakan sensasi yang diproduksi di tubuh Anda. Ini akan membantu anda melampaui kemampuan eksternal dalam pikiran anda.
  7. Ulangi proses ini sekitar 5-6 kali dan perhatikan perubahannya.
2. Bhramari Diam

Bhramari Diam biasanya dilakukan setelah dasar Bhramari Pranayama. Setelah anda selesai melakukan jenis pranayama sebelumnya selama sekitar 5-6 putaran, mulailah menghembuskan udara tanpa benar-benar menghasilkan suara bergetar tetapi pikirkanlah. Perhatikan apakah anda masih bisa merasakan sensasi getaran.

Buku Amrita Kundalini
Meditasi dan Yoga

Amrita Kundalini

Detail Buku

Berbagi adalah wujud Karma positif