Jenis dan Praktik Dasar Pranayama Yoga


5. Bhastrika Pranayama

Bhastrika adalah teknik pernapasan yoga yang energik, sebenarnya diciptakan oleh para yogi kuno untuk menyediakan oksigen yang cukup untuk setiap sel tubuh dan pikiran Anda. Para yogi biasanya melakukan latihan ini sebelum melakukan postur yang berat untuk memanaskan tubuh. Teknik melakukan napas Bhastrika sangat mirip dengan Kapalbhati tetapi ada perbedaan antara Kapalbhati dan Bhastrika Pranayama.

Kapalbhati menekankan pernafasan udara yang cepat dan cepat dan melibatkan napas bersama perut. Tidak seperti Bhastrika, di mana inhalasi dan pernafasan membutuhkan tindakan yang kuat dan cepat yang melibatkan napas dan paru-paru.

Berdasarkan frekuensi dan laju pernapasan, Bhastrika dapat dikategorikan menjadi 3 jenis.

  1. Fast Pace Bhastrika. Orang-orang yang berusia muda yaitu memiliki tubuh aktif harus mempraktikkan pranayama ini dalam waktu singkat atau langkah cepat untuk mendapatkan manfaat maksimal.
    Dalam mode ini, otot-otot perut Anda bergerak dengan kecepatan yang sangat cepat dan suara desis yang kuat dapat didengar.
  2. Medium Pace Bhastrika. Orang dengan beberapa masalah medis seperti sakit punggung santai atau migrain harus melakukan praktik ini dalam madhyam gati atau kecepatan sedang.
    Dalam mode ini, lebih fokus pada masuk dan keluar gerakan udara dan mencoba untuk menjaga tubuh Anda lebih selaras dengan napas Anda. Suara mendesis lambat dapat didengar.
  3. Slow Face Bhastrika. Orang yang menderita masalah jantung, tekanan darah atau orang tua dengan sistem pernafasan yang lemah harus mempraktikkan pranayama ini dalam samanya gati yaitu langkah lambat. Dalam mode ini, gerakan napas keluar-masuk yang sangat lambat diikuti oleh gerakan perut lambat.

Kecepatan pranayama ini sangat penting karena bervariasi sesuai dengan usia dan jenis tubuh. Bhastrika Pranayama dilakukan dengan menghirup udara dengan cepat dan menghirup udara yang sebagian besar melibatkan paru-paru dan otot perut.

Ada dua metode  utama melakukan Bhastrika Pranayama:

  1. Seseorang dijelaskan menurut Hatha Yoga Pradipika yang disebut Pendekatan Tradisional melakukan Bhastrika.
  2. Metode lain adalah varian dari metode klasik yang melibatkan gerakan lengan dan bahu bersamaan dengan pernapasan perut.
Metode 1:
  • Sekarang mulailah mengembuskan napas dengan meningkatkan laju pernapasan dalam.
  • Untuk melakukan ini, tarik napas dengan kuat dan cepat melalui lubang hidung dengan mengembangnya otot dada dan perut dengan cepat. Ini akan mengisi paru-paru Anda dengan jumlah oksigen yang cukup.
  • Setelah menghirup dengan cepat, buang napas dengan cara yang sama dengan mengontraksikan otot perut Anda dan dengan demikian mengeluarkan racun keluar dari tubuh melalui hidung.
  • Satu napas cepat diikuti dengan napas cepat dihitung sebagai satu napas bhastrika.
Metode 2:

Bhastrika Pranayama

Variasi bhastrika pranayama ini sangat membantu bagi pemula untuk secara paksa melibatkan otot perut dan dada mereka saat bernafas. 

  • Duduk tegak dengan tulang belakang tegak dan letakkan kedua tangan di depan bahu.
  • Tutup kedua telapak tangan dengan mengepalkan tangan.
  • Mulailah bernapas perlahan-lahan ke dalam dan ke luar yang melibatkan otot perut dan paru-paru.
  • Tarik napas, angkat tangan di udara bersama dengan membuka kepalan tangan.
  • Buang napas, bawa kembali lengan ke tingkat bahu dengan tangan mengepal lagi.
  • Ulangi proses ini selama 5-10 menit dengan sedikit istirahat.

Buku Amrita Kundalini
Meditasi dan Yoga

Amrita Kundalini

Detail Buku

Berbagi adalah wujud Karma positif