Jenis dan Praktik Dasar Pranayama Yoga


3. Bhramari dalam Shanmukhi Mudra

Ketika seseorang merasa nyaman dalam mempraktikkan bhramari dasar, praktikkanlah dengan Shanmukhi mudra. Dalam Shanmukhi mudra, adalah 6 gerbang melalui mana agen eksternal masuk ke dalam tubuh (2 telinga, 2 mata, hidung, dan mulut) ditutup menggunakan lima jari. Mudra ini dikatakan sebagai pintu menuju kondisi pratyahara (penarikan indra), ke-5 dari 8 anggota tubuh yoga.

Brahmari Pranayama Shanmukhi Mudra

Langkah-langkah dengan Shanmukhi Mudra

  1. Duduklah dalam posisi santai dan letakkan tangan Anda di wajah Anda.
  2. Jempol Anda harus diletakkan di tragus dan jari-jari depan menyentuh sudut mata bagian dalam.
  3. Pastikan untuk tidak menekan bola mata Anda.
  4. Tempatkan jari tengah Anda di sisi hidung Anda dan jari manis di atas bibir Anda.
  5. Lanjutkan dengan menempatkan jari kelingking Anda di bawah bibir dan mulai dengan menghirup dan mengembuskan udara.
  6. Saat bernafas, hasilkan bunyi berdengung bersama semua jari yang diposisikan di wajah Anda. Dengan suara berdengung, rasakan ketenangan dengan sensasi mulai di area kepala Anda.
  7. Ulangi prosesnya 5-6 kali.

Manfaat Bhramari Pranayama

  • Bhramari menghasilkan perubahan nyata pada gelombang otak alfa, theta, dan gamma , penelitian yang dilakukan pada electroencephalogram (EEG) 1 telah menunjukkannya. Gelombang Otak Alpha- Ini memberikan relaksasi yang dalam dan terlihat dalam meditasi cahaya. Brainwave Theta- Dominasi ini meningkatkan kreativitas, belajar, mengurangi stres dan terlihat dalam meditasi mendalam. Gelombang Gamma- Ditemukan di setiap bagian otak dan membantu menyembuhkan insomnia.
  • Dalam intervensi yoga 2 , terlihat, Bhramari Dasar adalah sebagai penenang yang sangat baik. Ini segera mempengaruhi sistem kardiovaskular yangmenurunkan tekanan darah tinggidengan sedikit penurunan denyut jantung.
  • Ketika bhramari dilakukan dengan mata tertutup (seperti dalam Shanmukhi mudra), ia memiliki efek menenangkan pada sistem saraf dan karenanya mengurangi dari insomnia.
  • Bhramari dianggap sebagai latihan persiapan yang baik untuk berkonsentrasi dan menciptakan lingkungan meditasi dalam pikiran untuk meditasi.
  • Bhramari terbebas dari rasa sakit dan memperkuat wanita hamil secara emosional selama kehamilan . Suara getaran bhramari mengatur kelenjar hipofisis – penguasa semua kelenjar.

Buku Amrita Kundalini
Meditasi dan Yoga

Amrita Kundalini

Detail Buku

Berbagi adalah wujud Karma positif