Jenis dan Praktik Dasar Pranayama Yoga


2. Sitkari Pranayama

Sitkari berarti menghirup suara. Suara yang dihasilkan dalam sitkari pranayama membiarkan udara segar masuk melalui mulut kita sementara gigi tertutup. Sitkari pranayama dapat dilakukan setelah latihan asana dan dalam cuaca panas untuk mendinginkan suhu tubuh serta menenangkan pikiran.

Istilah “Sitkari” digunakan dalam bahasa Sanskerta untuk suara ‘Mendesis’. Di sitakari pranayama, ketika udara masuk melalui celah yang ada di gigi, suara ‘desis’ dihasilkan. Suara desis yang dihasilkan sama dengan yang dibuat ular ketika mereka melepaskan stres dan frustrasi mereka.

Karenanya, sitakari pranayama juga disebut napas mendesis yang membuat Prana atau ‘kekuatan hidup’ menjadi dingin & dengan demikian melepaskan kemarahan dan frustrasi yang berlebihan ke luar tubuh.

Sitkari Pranayama

Langkah-langkah untuk Mempraktikkan Sitkari Pranayama :

  1. Duduk dengan nyaman dalam posisi bersila dan luruskan tubuh belakang dalam satu baris. Untuk memperdalam efek pernapasan, bisa menutup mata dan meniru Gyana Mudra dengan tangan.
  2. Sekarang, tekan dengan lembut gigi atas dan bawah bersama-sama, dan pisahkan bibir dengan nyaman sehingga gigi terkena udara.
  3. Keritingkan lidah ke atas sehingga bagian bawah lidah menyentuh langit-langit atas. (Jika tidak dapat menggulung lidah, cukup tempatkan lidah di belakang gigi)
  4. Sekarang bernafas perlahan dan dalam melalui celah yang ada di gigi. Rasakan udara memenuhi perut, diikuti oleh bagian dada dan leher pada akhirnya saat menghirup nafas, bunyi desis kecil akan terdengar.
  5. Sekarang tutuplah bibir (mulut) dan buang napas perlahan-lahan melalui hidung dengan cara yang terkontrol.

Ini menyelesaikan 1 putaran Satakari Pranayama.

Manfaat Sitkari Pranayama

  • Itu ditunjukkan dalam sebuah penelitian 1 bahwa sitkari pranayama secara positif memengaruhi gelombang otak untuk merilekskan tubuh.
  • Efek pendinginan keluar dari desis napas berdampak positif pada sistem saraf dan kelenjar endokrin. Dampak positif ini melepaskan ikatan emosional dan psikologis yang ada dalam tubuh dan pikiran.
  • Mekanisme pendinginan Sitkari pranayama sangat membantu bagi orang yang menderita kecemasan dan hipertensi .
  • Tidak hanya mendinginkan tubuh, tetapi juga membersihkan panas ekstra dari sistem dengan mempengaruhi bagian-bagian otak yang mengatur suhu tubuh.
  • Ini membantu menenangkan pikiran dengan mendukung ketenangan mental.
  • Sitkari pranayama meredakan hyperacidity di area usus.
  • Ini menyeimbangkan pitta dosha yang berlebihan dan menenangkan rasa sakit di seluruh tubuh.
  • Saat gigi terpapar di udara saat menghirup pranayama ini, itu juga dianggap praktik yang bermanfaat bagi kesehatan gigi .
  • Latihan rutinnya mengurangi rasa lapar & memuaskan dahaga .
  • Sitkari pranayama juga sangat efektif untuk peradangan kulit .
  • Mereka yang berlatih secara teratur mulai terlihat lebih muda dan lebih menarik karena latihan pernapasannya.

Buku Amrita Kundalini
Meditasi dan Yoga

Amrita Kundalini

Detail Buku

Berbagi adalah wujud Karma positif