Jenis dan Praktik Dasar Pranayama Yoga


3. Sitali Pranayama

Sitali berarti efek menenangkan. Di Sitali pranayama, Nafas menarik saat menyeruput sedotan. 

Dalam kehidupan sehari-hari, tubuh dan pikiran kita menjadi lelah dan perlu tenang atau rileks. Sitali Pranayama adalah cara relaksasi dan pendinginan sistem tubuh-pikiran melalui pernapasan yoga. 

Latihan rutin Sitali Pranayama membantu mengeluarkan racun keluar dari tubuh & membersihkannya. Juga akan merasakan berkurangnya amarah yang ada di pikiran & tubuh karena kerja berlebih atau cuaca panas atau lingkungan kerja yang panas (pabrik) secara instan oleh praktik Sitali.

Sitali Pranayama

Berikut ini adalah langkah-langkah Sitali Pranayama

  1. Duduk pada posisi meditasi seperti Padmasana, Sukhasana atau Vajrasana dengan kepala, leherdan tulang belakang tegak dalam satu baris. Juga, untuk membuat latihan lebih efektif, dapat membuat Gyana Mudra dengan tangan.
  2. Bernapaslah dalam-dalam 2-3 kali dengan mulut terbuka, dan buang napas dari hidung untuk mempersiapkan pernapasan sitali.
  3. Keluarkan lidah sambil melengkungkannya ke samping ke tengah untuk membentuk bentuk seperti tabung.
  4. Sekarang tarik napas melalui lidah berbentuk tabung dan menjelang akhir inhalasi, turunkan dagu ke dada dalam ‘Jalandhara Bandha‘. Pada titik ini, tahan napas selama 6-8 detik.
  5. Sebelum menghembuskan napas, angkat dagu, tarik lidah dan juga tutup mulut. Sekarang buang napas sepenuhnya melalui lubang hidung. Ini melengkapi satu putaran pernafasan sitali.

Manfaat Sitali Pranayama

Sityali Pranayama memberikan banyak manfaat karena efek pendinginan & menenangkannya. Mekanisme pendinginannya efektif dalam menyeimbangkan Kapha dosha tubuh yang tidak seimbang .

  • Sitkari pranayama pada gelombang otak telah meningkatkan kekuatan gelombang alpha, delta dan theta dan mengurangi kekuatan gelombang beta. Di mana gelombang alpha menekuk sebagian besar terlihat di otak yang tenang, gelombang beta diamati dalam pikiran penuh dengan rasa takut dan kecemasan. Ini membebaskan dari stres & kecemasan melalui efeknya yang menenangkan dan santai.
  • Ini juga membantu mengurangi demam dengan menurunkan suhu tubuh.
  • Lakukan ini ketika merasa panas selama musim panas untuk menjadi dingin.
  • Membantu menenangkan rasa lapar dan haus dalam situasi darurat.
  • Pengulangannya 3-4 kali sehari dapat membantu menurunkan suhu tubuh secara keseluruhan sebesar 3 hingga 4% selama musim panas.
  • Ini juga membantu menurunkan tekanan darah.
  • Sitali Pranayama sangat berguna bagi orang yang menderita Insomnia. Latihan rutinnya akan membantu menyembuhkan mereka dari insomnia. Ini sangat membantu bagi orang yang menderita gangguan tidur. Ini membantu mereka rileks dan tidur nyenyak hingga 8 jam di malam hari.
  • Pranayama ini juga membantu dalam mengatasi masalah rambut rontok secara umum dan selama musim hujan. Latihan rutinnya membatasi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut di kepala.

Buku Amrita Kundalini
Meditasi dan Yoga

Amrita Kundalini

Detail Buku

Berbagi adalah wujud Karma positif