Siwaratri, Tetap Sadar Sepanjang Malam


PENGUASAAN PIKIRAN

Cermin adalah kehidupan, tirai adalah pikiran. Begitu kita melepaskan tirai pikiran ini, kita akan melihat kesadaran Diri, Diri sejati. Bagaimana cara melepas tirai, pikiran?

Pikiran ini seperti monyet. Pikiran tidak pernah diam. Pikiran selalu menginginkan ini dan itu, segala sesuatu yang mungkin tersedia di dunia. Pikiran penuh dengan keinginan dan tuntutan yang tak ada habisnya. Pikiran terdiri dari keinginan yang tidak terbatas. Bagaimana cara menjatuhkannya? Bagaimana cara menariknya? Bagaimana cara membunuh monster itu di pikiran? 

Kita tidak mungkin membunuh pikiran. Pikiran itu seperti kursi empuk. Bantal naik saat bangun dari kursi; itu mereda saat kita duduk di atasnya. Pikiran adalah sesuatu seperti rambut keriting. Kita mencoba untuk meluruskan sehelai rambut keriting — rambut itu langsung memantul kembali. Jadi tidak mungkin membunuh pikiran. Jika ada yang memberi tahu anda, ‘Saya membunuh pikiran saya’, anggap itu palsu. Mustahil!

Jadi apa yang harus dilakukan? kita bisa mengalihkan pikiran. Pikiran, yang biasanya seperti bulan purnama, bersifat ekstrovert, melihat keluar dan eksternal. Kemudian kita mengalihkan pikiran itu sendiri. Ketika pikiran dialihkan, apa yang terjadi? Itu mulai mencari ke dalam. Jika saya tunjukkan cermin, anda akan melihat wajah anda terpantul di sana. Jika saya memutar cermin ke arah saya, saya melihat wajah saya. Anda tidak perlu memecahkan cermin. Cermin menghadap ke luar, ke arah dunia.

PERAYAAN KESADARAN ADALAH SHIVARATRI

Di Shivaratri, kita memutar cermin ini, sisi pikiran di dalam. Dan membalik cermin itu menjadi Diri sendiri, kesadaran yang kita lihat di dalamnya — inilah arti dari perayaan Shivaratri.

Lingam artinya tanda atau lambang. Seluruh ciptaan keluar dari lingam dan pada akhirnya digabungkan menjadi lingam . Jadi kita semua keluar dari lingam dan kita akan kembali ke lingam, tempat asal kita.

Jadi lingam adalah tanda, lambang asal usul dan akhir alam semesta. Lingam diarahkan ke atas, artinya kita harus memiliki perjalanan spiritual ke atas atau kedepan. Lingam menunjuk ke atas; bagian vertikal berbentuk telur menghadap ke atas. Itu bertumpu pada platform atau bagian horizontal yang berbentuk segitiga. Platform segitiga lingam ini mewakili dunia dari tiga atribut atau kualitas dasar: Tamasik, Rajasik dan Satwik.

Jadi platform yang lebih rendah melambangkan tubuh dan pikiran ini. Lingam yang menghadap ke atas adalah kesadaran. Dengan cara ini, lingam seperti itu ada pada setiap orang. Apakah ada orang di sini tanpa tubuh? Setiap orang memiliki tubuh. Tubuh ini adalah platform lingam. Apakah ada orang tanpa kehidupan di sini? Apakah ada orang yang tidak memiliki vitalitas di sini? Tidak! Hidup, vitalitas adalah lingam ke atas atau kesadaran.

Buku Siva Sutra
Rahasia Yoga Shiva Shakti

Śiva Sūtrā

Detail Buku

Berbagi adalah wujud Karma positif