Tantra, Gerbang Kebahagiaan di Dalam Tubuh


Shiva Samhita memperkenalkan kita pada teknik meditasi yang mengesankan tentang kebangkitan Kundalini dan Tubuh Halus.
Latihannya:

“Fokuskan pikiran  pada chakra daerah sakral dan kontraksi anus sambil menahan napas. Renungkan Ibu Devi, yang bersemayam di cakra ini. Bayangkan Kundalini terbangun sebagai nyala api halus yang bersinar, yang sifatnya adalah kecerdasan ilahi itu sendiri. Bayangkan dalam pikiran penyatuan Shiva dan Shakti Kundalini dalam bentuk nyala api, yang membuat energi seksual memasuki nadi pusat (Sushumna ), berturut-turut menembus cakra dalam perjalanannya ke atas. Juga gambarkan saluran merah dan putih halus, di sisi kanan dan kiri Sushumna (Ida- Pingala), memancarkan warna merah muda yang mempesona, yang memberi makan dan menyelaraskan seluruh makhluk. “

Teks tantra juga mengacu pada chakra yang terletak di atas kepala. Ini secara puitis digambarkan sebagai Teratai dengan Seribu Kelopak (Shahasrara), yang digambarkan oleh Shiva Samhita sebagai “di luar mikrokosmos tubuh” .

Semua guru spiritual yang hebat dianggap memiliki kendali penuh atas energi besar chakra ini. Tradisi yang berbeda telah menghasilkan berbagai jenis teknik meditasi pada cakra tertinggi ini, namun semua setuju dengan fakta, bahwa praktisi yang berfokus pada cakra ini bersentuhan dengan sumber dan penyebab Penciptaan.

Dengan membangkitkan kekuatan batin alami, melalui teknik Tantra yang berbeda, seseorang menyadari sebenarnya harmoni antara psikis dan kosmos. Orang-orang mempraktikkan teknik meditasi Tantra tertentu selama ribuan tahun.
Saat ini, semakin banyak orang menjadi akrab dengan ini dan membuktikan efisiensi luar biasa mereka. Memahami tubuh halus merupakan aspek yang sangat penting bagi mereka yang ingin mengeksplorasi psikis mereka.

Pasangan Tantra mengeksplorasi aspek psikis lebih dari aspek fisik selama hubungan seksual. Bercinta menawarkan banyak kemungkinan dalam menemukan hal-hal baru tentang orang lain. Praktis satu-satunya tindakan yang bisa memberi kehidupan.
Akibatnya, cinta seksual memiliki hubungan mistis yang dalam. Jika pasangan dapat belajar bagaimana menggunakan kekuatan seksual dengan cara yang kreatif, selain menunda-nunda, mereka secara bertahap akan menemukan, secara naluriah, misteri di luar dunia ini.
Tubuh Halus adalah kendaraan yang membantu praktisi untuk menjalani kehidupan ini dengan bebas ke kehidupan masa depan dan menikmati kesenangan jiwa.

Gerbang Akses Superior Dan Inferior Tubuh

Gerbang superior adalah semua lubang yang ditempatkan di area kepala: mulut, hidung, mata, telinga, dan bukaan di atas kepala. Gerbang inferior adalah anus dan alat kelamin.

Semua ini adalah cara di mana kekuatan kehidupan disalurkan baik untuk keluar atau masuk ke dalam tubuh. Dari sudut pandang ini, gerbang superior lebih efisien karena mengarah ke kondisi spiritual yang tinggi. Tantra mengatakan bahwa gerbang inferior mengarahkan hati nurani ke wujud wujud inferior, bahkan wujud sub-manusia. Kekuatan kehidupan dibagi menjadi dua bidang energi utama: satu pendorong, disebut prana dan satu keturunan, disebut apana. Biasanya prana muncul di daerah jantung dan bertindak sebagai ‘tali’ energi yang cerdas, yang berperan untuk menjaga kehidupan.
Apana umumnya muncul di daerah inferior antara perut dan anus. Ada tiga jenis energi lainnya, yang ditempatkan di area pusar, leher, dan di sekitar seluruh tubuh; jenis energi ini dinamai samana, udana dan vyana.

Jadi, ada lima string energi yang energik:

  1. Prana – gerak naik, di sekitar jantung;
  2. Apana – gerakan turun, di sekitar anus;
  3. Samana — di sekitar pusar;
  4. Udana — di sekitar leher;
  5. Vyana — melalui seluruh tubuh;

Masing-masing dari lima arus energi ini memiliki fungsi yang ditentukan dengan baik di dalam tubuh, berperan dalam keadaan kesehatan secara umum.

Goraksha Shatakam menyajikan deskripsi alegoris berikut tentang gerak Jiva melalui tubuh:

Seperti bola, yang kembali ke udara saat dihantamkan ke tanah, jiva (jiwa individu) melakukan hal yang sama saat dibawa naik turun dengan prana dan apana.

Ketika seorang mendapatkan kendali atas gerakan jiwa individu dan dapat memfokuskannya pada satu tempat, hanya dengan begitu seseorang akan dapat menjalankan hidupnya persis seperti yang diinginkan.

Tantra mengatakan bahwa seseorang dapat menentukan nasibnya sendiri dan tidak menerimanya sebagai kematian. Tantra mengatakan bahwa string energik ini, baik yang berpengaruh maupun yang turun, dapat dikendalikan dan disatukan melalui teknik fisik yang berbeda atau melalui kekuatan pikiran, mempraktikkan posisi Hatha Yoga tertentu , seperti pose terbalik (berdiri di atas kepala, misalnya).

Gheranda Samhita menyajikan penjelasan tentang cara posisi terbalik membantu mengendalikan aliran energi, dalam berbagai bentuknya:

“Biasanya gaya matahari berada di tingkat pusar, sedangkan gaya bulan berada di bagian atas kepala. Matahari mengkonsumsi nektar ilahi yang muncul dari bulan, dan ini adalah penyebab kematian”.

Akan tetapi, seseorang dapat mengatasi kematian dengan mempraktikkan teknik berikut: letakkan kepala di lantai dan topang dengan kedua tangan; angkat kaki ke udara, dan tetap seperti ini. Aliran energi berbalik, dan dengan demikian seseorang akan dapat mengontrol energi kehidupan dan untuk mencegah penuaan dini.

Kontraksi sfingter anus dan kontraksi perut membantu transmutasi aliran energi yang menurun. Seseorang bisa mendapatkan hasil yang sama dengan memusatkan perhatian dan memvisualisasikan proses reorientasi energi. Ketika apana menyatu dengan prana, Jiva berpusat di hati. Selama hubungan seksual, energi halus bergetar dengan kuat, terangkat dan meluas. Pada saat ejakulasi, muatan listrik, seperti sensasi atau getaran yang hampir membuat seseorang berhenti bernapas, dirasakan secara akut.

Jantung berdetak lebih cepat, wajah memerah, energi mengalir dalam gelombang melalui lubang tubuh dan momen mistik.
Perasaan gembira dan bergetar hilang dan tubuh menjadi dingin dan kosong. Pikiran mulai muncul di benak. Kontraksi umum terjadi di seluruh tubuh, tanpa disengaja.

“Kematian yang tampak” adalah salah satu tema yang paling sering muncul dalam perjanjian erotis Timur dan Barat. Meskipun pengalaman ini sangat menarik karena fakta bahwa hal itu mengarah pada pengampunan, namun Tantra menunjukkan kepada kita bahwa “kematian yang tampak” atau “kematian kecil” adalah bentuk negatif dari mistisisme, terkait dengan hilangnya persekutuan dengan sumber universal.

Teks-teks tradisional menunjukkan kepada kita bahwa sebelum pengalaman erotis berakhir, lubang tubuh akan memblokir energi antara dua kekasih, karena pasangan sering membuang energi potensial ekstatisnya sendiri karena fakta bahwa penyatuan hati nurani mereka terlalu pendek dalam kasus hubungan tanpa hubungan. seksual kontinensia.

“Gerbang tubuh yang superior, dan juga gerbang yang lebih rendah akan dijaga agar energi kehidupan tidak akan meninggalkan tubuh. Dengan memusatkan kekuatan ekstatis yang lebih rendah, seseorang akan memperoleh penglihatan yang indah di langit pikirannya. Ini adalah sebuah misteri besar yang mempersingkat perjalanan seseorang menuju Kebebasan Akhir. “

Rahasia gerbang inferior terletak pada kontraksi sfingter anus atau dalam menempatkan jari atau sebagian kaki pada orifisium untuk menutupinya (biasanya tumit).
Rahasia gerbang superior mengacu pada penutupan (secara fisik atau mental) dari lubang di area kepala: mulut, hidung, telinga, mata dan ubun-ubun.

Jika mulut kedua kekasih itu menempel satu sama lain, mereka menghalangi satu sama lain. Jika sepasang kekasih saling menatap mata, maka energi akan beredar di antara mereka, tanpa hilang.
Hidung tersumbat dengan menahan napas atau dengan kontak intim dengan hidung lainnya. Telinga mungkin tertutup bagian tubuh tertentu. Terakhir, meletakkan tangan di atas kepala akan menutup fontanel. Teks Yoga mengacu pada “blok mistik”, yang dikenal sebagai Yoni Mudra, dijelaskan dalam Gheranda Samitha sebagai berikut:

Tutupi telinga dengan ibu jari, mata dengan jari telunjuk, lubang hidung dengan jari tengah, bibir atas dengan cincin- jari dan bibir bawah dengan jari kelingking. Hirup prana dan satukan dengan apana. Renungkan Tubuh Halus dan Chakra.

Meskipun Yoni Mudra tidak penting bagi mereka yang membentuk pasangan, itu dapat disesuaikan dengan kontak seksual. Yang harus diingat adalah, saat ekstasi mendekat, akan ada kecenderungan untuk kehilangan energi. Seseorang dapat menghentikan ini dengan memblokir semua lubang.
Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memblokir bagian atas kepala kekasih anda dengan tangan anda saat anda sangat berpikir itu adalah inisiasi mistik. Dengan demikian, momen ekstasi bisa diperpanjang dan kesadaran mistik akan berkembang.

Ketika pasangan mulai menghadapi kenikmatan yang tak terlukiskan dari ekstasi seksual mereka, pikiran akan mulai “memiliki” penglihatan yang berbeda dan hati akan “merasakan” mereka.
Kedua kekasih itu akan berhadapan dengan kesadaran mistis dari tujuan hidup mereka dan mereka akan melihat penglihatan yang luar biasa melalui mata batin. Itu akan membantu mereka menyadari bahwa jiwa mereka unik.

Sebuah visi mistik umum, terkait dengan ekstasi seksual, mewakili Pulau Perhiasan, sebuah manifestasi pola dasar jiwa yang selaras satu sama lain.
Visi seperti itu dapat dikembangkan dan dipertahankan dengan menyatukan elemen-elemennya.

Tutup mata dan bayangkan di sana, di zona hati, ada lautan nektar yang tak berujung. Di tengah samudra ini terdapat pulau permata, pasirnya terbuat dari intan, bebatuannya adalah zamrud dan rubi dan pegunungannya adalah safir.

Bayangkan ada pepohonan di sekitar pulau itu. Mereka penuh dengan bunga yang harum dan indah. Yogi akan duduk di tengah di pulau ini dan dia akan membayangkan kehadiran Pohon Besar Keinginan (Pohon Kalpa), dengan empat cabangnya (melambangkan empat Weda), dipenuhi dengan buah dan bunga beraneka warna.
Lebah-lebah beterbangan di sekitar pohon yang luar biasa ini sambil mengambil serbuk sari. Ada burung dan binatang di sekitar. Bayangkan ada keindahan ilahi di bawah pohon ini. Ada lampu berwarna-warni, ribuan sinar diproyeksikan ke langit, di dalam pikiran dan di dalam hati.
Kemudian gambarkan dewa yang anda pilih untuk disembah (atau kekasih anda) di tempat megah itu dan renungkan keseluruhan gambar hingga detail terkecilnya”
Jika kekasih menyadari kekuatan superior tubuh mereka selama berhubungan, maka mereka akan mampu hentikan energi mereka agar tidak mengalir keluar melalui gerbang ini.

Kematian diatasi oleh mereka yang membuat energi mereka mengalir di dalam tubuh mereka. Aliran energi alami dapat dibalik melalui posisi tubuh,” segel “yang berbeda,” orientasi “terbalik, mengendalikan napas dan meditasi.

Buku Amrita Kundalini
Meditasi dan Yoga

Amrita Kundalini

Detail Buku

Berbagi adalah wujud Karma positif