Sapta Dhatu, 7 Elemen Pembentukan Tubuh


Ayurveda tidak hanya tentang ilmu pengobatan namun lebih jauh tentang ilmu kehidupan. Sesuai Ayurvedic, tubuh manusia terdiri dari Sapta Dhatu. Ini adalah tujuh bahan utama, akar, esensi halus, penyebab, konstituen dll yang membuat tubuh manusia, yaitu tubuh fisik dan tubuh halus.

Tujuh konstituen ini (Sapta Dhatu) diciptakan dari energi makanan yang kita makan. Kita mengambil makanan dengan energi Prana Vayu. Kemudian ‘api’ pencernaan (Jathar-agni) di tubuh mengubah makanan menjadi tiga bagian berikut ini terlebih dahulu,

  1. Bagian padat (sthula) – bagian materi dengan energi yang sangat redup ini akan dikonversi menjadi feses dan urin dan dikeluarkan dari tubuh. Apana vayu akan bertanggung jawab atas penghapusan ini.
  2. Bagian cair yang akan dikonversi menjadi ‘Rasa’ – Ini adalah esensi nutrisi, cairan aktual yang diserap oleh usus dan juga energi vitalnya. Ini adalah bagian dari makanan yang akan benar-benar dikonversi ke Sapta Dhatu yang membentuk tubuh.
  3. Dan akhirnya bagian ‘sejuk’ dan ‘berapi-api’ dari makanan yang kita makan akan diubah menjadi tubuh pikiran. Ini termasuk kesan bawah sadar bahwa makanan telah diserap. Sekarang kesan ini akan membuat pemikiran.

sapta datu

Untuk menciptakan tubuh fisik, energi Rasa akan digunakan untuk membuat tujuh bahan utama secara berurutan seperti dijelaskan dibawah ini :

Untuk menampilkan bagian ini, silahkan

Login

Sekarang Ojas untuk mereka yang cenderung spiritual. Ojas dibuat ketika Shukra dikonversi lebih lanjut. Shukra adalah dhatu tubuh yang paling halus. Jika tidak digunakan oleh orang yang dikonversi ke Ojas, ini membutuhkan waktu 108 hari. Ojas adalah esensi sadar dari Kapha dosha. Nutrisi dan ‘api / Agni’ keduanya harus sempurna untuk membentuk Ojas.

Ojas adalah vitalitas ilahi, ‘kilau’ dari cahaya Ilahi’ yang kita lihat di wajah orang-orang yang mengikuti gaya hidup yang sangat spiritualis. Proses ini lebih cepat ketika seorang mengendalikan indra dan makan makanan bergizi, vegetarian, kesesederhanaan yang dimasak dengan tangan sendiri. Inilah alasan sebenarnya mengapa TIDAK mengumbar aktivitas seksual karena akan ‘menguras’ tubuh. Seseorang yang banyak membuang Shukra dhatu sehingga sangat sedikit sisa untuk konversi ke Ojas.

Ayurveda bukan hanya ‘ilmu kedokteran hindu’. Ini adalah ilmu kesadaran yang pertama kali diajarkan oleh Bhagwan Dhanvantri. Ini tidak hanya membahas tubuh fisik, tetapi juga lapisan sadar tubuh, pikiran, energi vital atau prana yang mengalir melalui saluran energi tubuh dan jiwa. Tubuh dan strukturnya terkait dengan Astrologi dan juga Ayurveda. Kondisi medis dapat didiagnosis menggunakan grafik. Dan jika anda pernah melihat Nadi Vaidya (dokter Ayurved disebut Vaidya, ‘orang yang tahu’) dalam aksi, dia dapat memberi tahu anda kadar hemoglobin yang tepat dalam darah anda dengan membaca saluran energi penting / nadi anda di pergelangan tangan. Sapta-dhatu, Pancha-kosha dan Pancha-prana adalah cara tubuh dan pikiran bekerja dengan kesadaran pada tingkat terdalam.

Berbagi adalah wujud Karma positif