Memproduksi Nektar pada Soma atau Otak


Soma adalah bagian dari simbolisme kosmik yang luas dalam pemikiran Veda dan tidak dapat direduksi menjadi satu bentuk, apalagi tanaman tunggal seperti yang telah diusulkan oleh beberapa sarjana. Untuk setiap Agni atau bentuk api kosmik ada Soma, air, atau nektar yang sesuai. Dalam manusia kita memiliki akses ke kekuatan khusus Agni atau persepsi yang lebih tinggi dan Soma atau kondisi samadhi. Soma pamungkas adalah Ananda atau kebahagiaan kesadaran murni.

Otak dapat mengeluarkan zat kimia yang kuat yang dapat membawa perubahan luar biasa pada tubuh dan pikiran. Sementara obat-obatan dapat digunakan untuk menggantikannya, fungsi kimia otak sendiri dapat ditransformasikan secara langsung melalui menumbuhkan kesadaran yang lebih tinggi. Sekresi otak dapat dipengaruhi oleh makanan khusus, bumbu dapur, tayangan, latihan pernapasan, mantra, meditasi, dan seluruh jajaran latihan Yoga, bekerja melalui alam daripada di luarnya. Memupuk ekologi otak adalah pusat kesehatan dan kesejahteraan.

Bagaimana jika otak dapat mengeluarkan cairan yang dapat memperbaharui, meremajakan, dan merevitalisasi tubuh dan pikiran, sama seperti elixir keabadian yang fabel – membantu evolusi kesadaran manusia yang lebih tinggi menjadi kesadaran kesatuan Diri dan alam semesta?

Pemikiran Veda kuno mencatat keberadaan substansi yang disebut Soma, yang merupakan kekuatan kebahagiaan dan persepsi yang lebih dalam. Soma juga disebut rasa atau esensi dan Amrita atau nektar abadi. Sementara Soma botani atau herbal memang ada dan disebutkan dalam teks-teks Veda, jelas dari pemeriksaan mendalam tentang ajaran Veda, bahwa Soma internal dapat mengalir di dalam otak dan sistem saraf, yang dibawa melalui praktik Yoga pranayama, mantra dan meditasi. Ini terhubung ke Soma yang lebih tinggi di luar tubuh dan akhirnya di luar pikiran.

Yoga juga berbicara tentang amrita atau nektar yang muncul dari latihan Yoga Kundalini,  kondisi yoga kesadaran kesatuan, yang menciptakan aliran kebahagiaan dan kesejahteraan, bergerak melalui nadi atau saluran tubuh halus dan sistem saraf, mengisinya. dengan rasa ekstasi dan kesejahteraan.

Dalam pemikiran yoga, lotus seribu kelopak kepala (Sahasrara) pada tingkat yang lebih tinggi yang sesuai dengan otak pada tingkat fisik juga disebut Bindu Visarga.

Soma menyebut Bulan sebagai cahaya keindahan dan kebahagiaan, tetapi juga ke Bulan sebagai simbol cahaya dingin, kesadaran diri yang tenang. Otak disebut secara simbolis sebagai Bulan karena banyaknya cairan yang dikandungnya. Namun otak fisik hanyalah manifestasi luar dari kekuatan kontemplasi yang lebih tinggi.

Soma dan Tarpak Kapha

Saat ini dengan kelesuan psikologis masif di masyarakat kita dan disfungsi limbik di otak, kita membutuhkan pendekatan baru untuk mengubah kimia otak. Tentu saja banyak obat perancang yang tersedia, dan antidepresan khususnya, dapat mengubah suasana hati kita. Tetapi mereka dapat memiliki efek samping yang signifikan dan meningkatkan ketergantungan serta kecanduan.

Pengobatan Ayurvedic dan Meditasi Tantra mencatat bahwa ada zat yang disebut Tarpak Kapha, bentuk Kapha dosha atau humor air biologis, yang bertanggung jawab untuk melumasi sistem saraf dan otak. Soma sebagai kekuatan kesejahteraan dan kepuasan berhubungan dengan Tarpak Kapha. Tarpak Kapha terkait dengan Ojas, esensi Kapha dari vitalitas primer yang merupakan esensi dari semua tujuh jaringan, terutama cairan reproduksi, dan merupakan sumber kekuatan utama dari nutrisi dan vitalitas bawaan. Tarpak Kapha berhubungan lebih jauh dengan Soma sebagai kekuatan peremajaan tubuh dan pikiran.

Ilmu saraf yoga akan bertujuan untuk memahami dan mengembangkan Soma di otak dan cakra Ajna serta Bindu Visarga sampai pada di tingkat lotus seribu kelopak, melalui peningkatan Tarpak Kapha. Ada banyak alat dan ajaran tentang ini dalam pemikiran Veda melalui Tantra dan Kundalini yoga.

Metode-metode tersebut termasuk pendinginan dan menenangkan bentuk-bentuk meditasi, Soma mempromosikan mantra, pranayama dan asana yang menenangkan. Di lain hal Ayurveda membawa Soma dengan mempromosikan herbal, makanan dan pertimbangan gaya hidup. Meditasi mendalam adalah kuncinya.

Penulis telah memeriksa aspek-aspek Soma ini dalam buku: Amrita Kundalini.

Secara keseluruhan, kecuali kita belajar untuk mengakses energi bahagia dari kesadaran yang lebih tinggi, budaya kita akan menjadi semakin kecanduan obat-obatan baik rekreasi maupun obat-obatan. Teknologi informasi kami akan semakin mengiritasi sistem saraf kita. Depresi dan agitasi akan meningkat di masyarakat kita. Yoga menunjukkan kepada kita cara untuk mengatasi ini, tetapi kita harus melakukan pekerjaan dalam kehidupan kita sehari-hari, dimulai dengan sadhana kita sendiri.

Buku Amrita Kundalini
Meditasi dan Yoga

Amrita Kundalini

Detail Buku

Berbagi adalah wujud Karma positif