Keutamaan Kekuatan Shakti dalam Veda dan Tantra


Tattva, Elemen dan Penyembuhan Alam

Seluruh dunia terdiri dari lima Tattva besar atau elemen Tanah, Air, Api, Udara dan Eter. Faktor keenam adalah Mahat Tattva atau kecerdasan kosmik, meskipun jarang dibicarakan, mengubah dinamika batin elemen-elemen ini melalui Kesadaran Ilahi, membawa penyembuhan pada inti batin. Segala sesuatu di alam semesta yang nyata, termasuk kita manusia, adalah konfigurasi dari lima Elemen ini.

Proses Tantra membutuhkan pemurnian lima elemen untuk membantu Kundalini Shakti naik. Kundalini hanya dapat bangkit jika unsur-unsur dalam tubuh kita dimurnikan dari pertambahan beratnya. Semua sadhana, meditasi dan Yoga terdiri dari proses yang berbeda untuk memurnikan elemen-elemen ini, membantu aliran dan transformasi mereka.

Ruang angkasa

Karena tubuh manusia terdiri dari kombinasi tertentu dari unsur-unsur ini, mereka dapat diseimbangkan dalam pengobatan Ayurveda untuk memulihkan kesehatan kita. Akasha, eter atau ruang adalah elemen yang paling halus. Ini menyerupai konsep mekanika kuantum tentang medan dari mana semua materi diciptakan dan di mana semua materi diselesaikan. Akasha adalah sumber dari semua elemen lainnya, dan berinteraksi dengan mereka melalui getarannya. Suara adalah kualitas eter, mewakili seluruh spektrum getaran: suara yang dapat didengar, radiasi kosmik, sinar-X, sinar gamma, ultraviolet, dan cahaya tampak. Eter memberi seseorang ruang untuk bermanifestasi dan berkembang.

Puasa menciptakan ruang batin, kekosongan bagi tubuh untuk memulihkan diri dan memperbaiki, beristirahat dan menyembuhkan dirinya sendiri. Ayurveda telah mengklasifikasikan vaigs tertentu , gerakan atau panggilan alam termasuk tidur, bersin, batuk, air mata dan keringat untuk membantu kita bekerja dengan ruang ini, menekankan tidak pernah mengganggu impuls alami kita. Ruang memiliki berbagai bentuk manifestasi, tidak hanya di alam semesta fisik, tetapi juga ruang pikiran yang bergerak ke tingkat yang lebih tinggi, dan ruang tertinggi kesadaran murni di luar setiap manifestasi relatif.

Semua ruang memiliki energinya sendiri. Ruang adalah matriks Shakti. Dewi Bhuvaneshvari, Ibu tanpa batas dalam manifestasinya sebagai rahim kosmis, juga merupakan elemen ruang, berdiam di ruang mikrokosmik di dalam hati.

Ruang menciptakan penyembuhan. Dengan menerima kegagalan pengalaman emosional dan kekosongan yang mereka ciptakan, kita memahami kekuatan cinta yang sebenarnya. Cinta menciptakan ruang yang mendukung memberi orang yang dicintai kebebasan menjangkau jauh melampaui belenggu keinginan egois. Ruang yang indah ini adalah salah satu yang memelihara dan memanifestasikan sebagai cinta ilahi.

Untuk menampilkan bagian ini, silahkan

Login

Kita memiliki kelima elemen di dalam diri kita baik dalam tubuh maupun pikiran. Kalau tidak, hidup tidak akan mungkin. Unsur-unsur yang lebih halus memberikan gerakan, kehidupan dan kesadaran kepada unsur-unsur yang lebih berat. Elemen yang lebih berat berfungsi untuk menopang dan mendukung elemen halus dan menahannya dalam keadaan fokus.  Mari kita ingat untuk membuat kelima tattva suci baik di dalam maupun di sekitar kita. Maka seluruh alam semesta akan menjadi milik kita.

Berbagi adalah wujud Karma positif