Shiv Aarti ‘Om Jai Shiv Omkara’



Salah satu dewa terpenting dalam jajaran Hindu, Siwa adalah salah satu dari trinitas suci dengan Brahma (pencipta) dan Wisnu (pemelihara). Siwa (perusak), terkait dengan waktu, menghancurkan alam semesta secara siklis untuk memungkinkan terciptanya ciptaan baru. Ahli Indologi Amerika, Wendy Doniger, menyebut Mahesh atau Shiva sebagai ‘pertapa erotis’. Sebagai Dewa Tari, Siwa, yang berarti “yang menguntungkan”, juga merupakan dewa kreativitas. Sebagai dewa utama sekte Shaivisme, Siwa adalah pelindung para Yogi dan Brahmana. Dia juga pelindung Weda (teks suci). Mahadeva, Mahayogi, Pashupati, Nataraja, Bhairava, Vishwanath, Bhava dan Bhole Nath adalah di antara 1008 nama yang dikenal oleh Dewa Siwa.


Jai Shiv Omkara, Om jai Shiv Omkara,
Brahma Wisnu Sadashiv Arddhagni Dhara.
Om Jai Shiv Omkara

Kemuliaan bagimu, O Siwa! Puji dirimu, O Omkaara! Semoga Brahma, Wisnu dan kumpulan dewa-dewa lain, termasuk Dewa Siwa yang agung, membebaskan saya dari penderitaan saya!

Ekanan Chaturanan Panchanan Rajai,
Hansanan Garudasan Vrishvahan Sajai.
Om Jai Shiv Omkara

Menjadi Yang Mutlak, Makhluk Sejati, Kesadaran dan Kebahagiaan, Anda memainkan peran dari ketiga Dewa – Brahma, Wisnu dan Siwa. Sebagai Wisnu, Anda memiliki satu wajah, sebagai Brahma empat dan sebagai Siwa lima. Mereka senang melihat semua yang melihat mereka. Sebagai Brahma Anda lebih suka sandaran angsa untuk tempat duduk Anda, sebagai Wisnu Anda suka berlindung di punggung Garuda (Seekor burung mitologi besar – seperti burung yang dipercaya sebagai kendaraan Dewa Wisnu) dan sebagai Siwa Anda membuat banteng suci alat angkut Anda; semua ini siap. Ya Tuhan, doakanlah aku bebaskan penderitaanku!

Do Bhuj Char Chaturbhuj Das Bhuj Ati Sohe,
Trigun Roop Nirakhta Tribhuvan Jan Mohe.
Om Jai Shiv Omkara

Sebagai Brahma, Anda memiliki dua lengan, sebagai Wisnu empat dan sebagai Siwa (Dashabaahu) sepuluh, yang semuanya terlihat cantik tak tertandingi. Tidak lama setelah penghuni ketiga bola itu melihat Anda, mereka semua terpesona. Ya Tuhan Omkaara, doakanlah aku bebas dari penderitaan.

Akshaymala Vanmala Mundmala Dhari,
Chadan Mrigmad Sohai Bhale Shashi Dhari.
Om Jai Shiv Omkara

Engkau adalah, O Lord Omkaara yang agung, mengenakan karangan bunga Rudraaksha, bunga hutan lainnya sepertiga tengkorak; dahi Anda, yang berkilau di bawah sinar bulan yang dimilikinya, diolesi dengan pasta cendana dan musk. Berdoa untuk menyingkirkan penderitaan saya.

Shvetambar Pitambar Baghambar Ange,
Sankadik Garunadik Bhootadik Sange.
Om Jai Shiv Omkara

O Tuan Omkaara yang agung, tubuh Anda mengenakan pakaian sutra putih dan kuning dan kulit harimau, sementara di perusahaan Anda ada pasukan goblin, dewa seperti Brahma dan peramal ilahi seperti Sanaka. Berdoa untuk menyingkirkan penderitaan saya.

Kar ke Mashya Kamandalu Chakra Trishooldhari,
Sukhkari Dukhhari Jag Palankari.
Om Jai Shiv Omkara

O Tuan Omkaara yang agung, kau pegang akamandalu (tempayan air) di salah satu tanganmu dan di tangan yang lain trisula; Anda membawa kegembiraan bagi semua, menghancurkan semua kesusahan dan menopang seluruh dunia. Semoga Anda membebaskan saya dari semua penderitaan saya!

Brahma Vishnu Sadashiv Jaanat Aviveka,
Pranvaakshar me Shobhit Yah Tinon Eka.
Om Jai Shiv Omkara

Orang bodoh (tidak bijaksana dan bodoh) mengenal Brahma, Wisnu dan Siwa sebagai tiga dewa individu, tetapi mereka semua tidak bisa dibedakan menjadi satu suku kata mistik ‘OM’. Berdoa untuk menyingkirkan penderitaan saya.

Trigun Swami ji Ki Aarti Jo Koi Nar Gave,
Kahat Shivanand Swami Manvanchhit Phal Pave.
Om Jai Shiv Omkara

Berkata Swami Shivananda, “Dia yang melafalkan Arti ini kepada Tuhan dari tiga gunas-sattva, rajas dan tamas – mencapai pemenuhan keinginan hatinya”. Ya Tuhan Omkaara, semoga Engkau menyingkirkan penderitaan saya.

Berbagi adalah wujud Karma positif