Shiva Linga Ashtakam



Sivalingam adalah simbol suci umat Hindu yang mereka hormati sebagai manifestasi dari Diri Semesta dalam aspek kebangkitan-Nya dalam penyatuan dengan energi dinamis-Nya Shakti. Doa ini adalah pernyataan iman, ketaatan, cinta dan pengabdian kepada Dewa Siwa dalam aspek-Nya sebagai Sivalingam.

 Shiva Linga Ashtakam Mantra adalah doa yang sangat dihormati untuk Dewa Siwa. Mantra Shiva Lingashtakam menampilkan delapan Stanza di Shivalinga dan dikatakan bahwa setiap peminat Shiva yang mengucapkan oktet suci Shiva Lingam dengan pengabdian besar pada akhirnya akan mendapatkan moksha dan mencapai Shiva Loka. Inilah Lirik Shiva Lingashtakam stotra dengan Arti Bahasa indonesia yang telah diterjemahkan.


Shiva Linga Ashtakam


[1] Brahma Muraari Suraarchita Lingam
Nirmala Bhashita Shobhita Lingam
Janmaja Dukha Vinaashaka Lingam
Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Aku tunduk kepada Sada Siwa Lingga, yang dipuja oleh Brahma, Wisnu dan Dewa lainnya, yang dipuji oleh naskah murni dan suci dan yang melebur siklus kelahiran dan kematian.

[2] Devamuni Pravaraarchita Lingam
Kaamadaham Karunaakara Lingam
Raavana Darpa Vinaashaka Lingam
Tat Pranamaami Sada Siwa lingam

Aku tunduk kepada Sada Siwa Lingga, yang merupakan pelebur keinginan, yang disembah oleh para Dewa dan orang-orang bijak, yang memiliki kasih sayang tak terhingga dan yang dapat menundukan keangkuhan Raavana.

[3] Sarva Sugandha Sulepitha Lingam
Buddhi Vivardhana Kaarana Lingam
Siddha Suraasura Vanditha Lingam
Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Aku tunduk kepada Sada Siwa Lingga, yang boros diolesi dengan parfum beraneka ragam dan aroma, yang mengangkat kekuatan pikiran dan kekejaman cahaya diskriminasi, dan yang di puji oleh Siddha dan Sura dan Asura.

[4] Kanaka Mahaamani Bhushitha Lingam
Phanipathi Veshtitha Shobhitha Lingam
Daksa Suyajna Vinaashaka Lingam
Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Aku tunduk kepada Sada Siwa Lingga, perusak pengorbanan Dakshas, ​​yang dihiasi dengan berbagai ornamen, bertatahkan permata yang berbeda dan rubi dan yang bersinar dengan karangan bunga dari ular melingkar di sekitar Tuhan itu.

[5] Kumkuma Chandana Lepitha Lingam
Pankaja Haara Sushobhitha Lingam
Sanchitha Paapa Vinaashaka Lingam
Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Aku tunduk kepada Sada Siwa Lingga, yang diolesi dengan safron dan pasta sandal, yang dihiasi dengan karangan bunga lotus dan yang menghapus segala dosa yang terkumpul.

[6] Devaganaarchitha Sevitha Lingam
Bhaavair Bhakti Bhirevacha Lingam
Dinakara Koti Prabhakara Lingam
Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Aku tunduk kepada Sada Siwa Lingga yang disembah oleh banyak Dewa dengan pikiran asli penuh keimanan dan ketaqwaan dan yang keindahan seperti satu juta matahari.

[7] Ashta Dalopari Veshtitha Lingam
Sarva Samudbhava Kaarana Lingam
Ashta Daridra Vinaashaka Lingam
Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Aku tunduk kepada Sada Siwa Lingga, penghancur segala kemiskinan dan kesengsaraan dalam delapan aspek, yang merupakan penyebab dari semua ciptaan dan yang berdiri di atas delapan kelopak Lotus.

[8] Suraguru Suravara Pujitha Lingam
Suravana Pushpa Sadaarchitha Lingam
Paraatparam Paramatmaka Lingam
Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Aku tunduk kepada Sada Siwa Lingga yang merupakan Transenden Menjadi dan Diri Agung, disembah oleh semua Sura dan pembimbing mereka (Brhaspathi), dengan bunga-bunga yang tak terhitung dari kebun surgawi.

Berbagi adalah wujud Karma positif